Aloe Vera

Aloe Vera
Obat Maag Herbal

Selasa, 22 Juli 2014

MANFAAT ALOE VERA UNTUK KESEHATAN

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari kandungan zat yang baik dari lidah buaya selain sangat bermanfat untuk perawatan rambut, bisa juga mengobati jerawat, dan perawatan kulit. Ada sekitar 350 tipe lidah buaya yang terhitung dalam suku liaiaceae, beberapa diantaranya telah disilangkan. menurut dowling ( 1985 ), ada tiga tipe lidah buaya yang dibudidayakan dengan komersial didunia, yaitu curacao aloe atau aloe barbadensis miller, cape aloe atau aloe ferox miller, serta socotrine aloe yang di antaranya yaitu aloe perryi baker. dari ketiga type tersebut yang banyak digunakan yaitu spesies aloe barbadensis miller yang ditemukan pada tahun 1768 oleh philip miller, seorang ahli botani asal inggris. 

Lidah buaya ( aloe vera ; latin : aloe barbadensis milleer ) yaitu sejenis tumbuhan yang telah dikenal sejak beberapa ribu tahun silam serta dipakai sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, serta untuk perawatan kulit. tumbuhan ini bisa ditemukan dengan gampang di lokasi kering di afrika. Bersamaan dengan kemajuan ilmu dan pengetahuan serta teknologi, pemakaian tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi serta kosmetika, dan sebagai bahan makanan serta minuman kesehatan.

STRUKTUR SERTA KANDUNGAN DARI LIDAH BUAYA

Sebelum kita membahas manfaat dan efek samping dari tanaman ini, kita juga perlu tahu kandungan apa saja yang ada pada lidah buaya.
  1. Kulit daun : merupakan bagian terluar dari struktur daun dengan warna hijau.
  2. Eksudat : merupakan getah yg keluar dari daun ketika dilakukan pemotongan. Eksudat berbentuk cair, warna kuning dengan rasa pahit. Pada bagian ini terkandung sejumlah zat yaitu 8- dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins)
  3. Gel : merupakan bagian daun terdalam yang berlendir. Gel diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan. Dalam gel ini terkandung sejumlah unsur-unsur antara lain : Air, karbohidrat, lemak, dan beberapa vitamin. Komposisi lengkap silahkan lihat tabel dibawah ini :
KomponenJumlah
Kadar Air95 %
Karbohidrat (g)0.30
Kalori (kal)1.73-2.30
Lemak (g)0.05-0.09
Protein (g)0.01-0.06
Vitamin A ( IU)2.00-4.60
Vitamin C (mg)0.50-4.20
Thiamin (mg)0.003-0.004
Riboflavin (mg)0.001-0.002
Niasin (mg)0.038-0.040
Kalsium (mg)9.920-19.920
Besi (mg)0.060-0.320

KHASIAT UMUM LIDAH BUAYA BAGI KESEHATAN MANUSIA

Banyak manfaat yang bisa digunakan dari mulai diabetes, luka bakar, dan lainnya. Saya klasifikasikan kedalam 10 manfaat lidah buaya yang bisa dibaca dibawah ini :
  1. Detoksifikasi : Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, namun juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari. 
  2. Gangguan pencernaan : Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut, iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam. 
  3. Kesehatan mulut : Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk. 
  4. Perawatan kulit : Menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, perbaikan dan peremajaan kulit. 
  5. Diabetes : Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu, terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen. 
  6. Membantu gerakan usus : Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat. 
  7. Menjaga berat badan : Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan. 
  8. Kekebalan : Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  9. Luka bakar : Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari. 
  10. Ketombe : Lidah buaya dapat membantu dalam mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut sebelum Anda keramas.  

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK MENGATASI JERAWAT

Rawatlah muka Anda dengan masker gel lidah buaya yang diambil dari daging daunnya secara teratur agar minyak yang berlebihan di kulit wajah anda bisa menghilang atau berkurang sehingga kulit anda akan terasa segar dan sehat dan bersih. Bila jerawat anda sudah muncul di muka anda, tempelkan gel lidah buaya pada lokasi jerawat setiap pagi dan malam hari. Janganlah kaget jika pada awalnya, jerawat anda mungkin akan terlihat lebih parah, namun bila terapi lidah bauaya ini terus dilanjutkan secara teratur maka masalah jerawat tersebut akan hilang secara bertahap. Hal ini disebabkan karena sifat astringen lidah buaya menghilangkan lemak atau komedo)yang menumpuk dan mencegah inflamasi atau peradangan kulit, sedangkan sifat antibakterinya menekan perkembangbiakan bakteri di jerawat anda. Sayangnya lidah buaya ini hanyalah solusi untuk sisi luar jerawat saja padahal jerawat ini awal mula masalahnya juga sangat tergantung sistem metabolisme di tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar